"Diriwayatkan pula dari Abu Darda' r.a dia berkata, 'Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang melakukan perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkannya jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayapnya bagi para pencari ilmu karena senang dengan apa yang diperbuatnya dan sesungguhnya seorang yang berilmu akan dimintakan ampunan oleh seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi, termasuk ikan dalam air dan keutamaan seorang yang berilmu dibandingkan dengan seorang yang ahli ibadah seperti keutamaan bulan atas bintang-bintang. Sesungguhnya ilmuwan adalah pewaris para nabi dan sesungguhnya para nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham (harta), tetapi mereka hanya mewariskan ilmu, maka barang siapa memeganginya, maka ia memperoleh bagian yang sempurna.""(HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Sabtu, 12 Desember 2009

Pola-pola perkembangan janin di dalam rahim

Keadaan Janin dalam Kandungan sang Bunda

1 Bulan (4 Minggu)

Bagian kepala, jantung, dan hati mulai terbentuk; system pencernaan sebagai suatu saluran sederhana; ada sebuah ekor yang khas; jaringan-jaringan ekstra embrionik mulai muncul.

2 Bulan (8 Minggu)

Telinga, mata, jari-jari, mulut, hidung, dan tumit merupakan bentuk-bentuk tersendiri; tulang mulai dibentuk, system pencernaan terbentuk; system saraf dan system sirkuler mulai berfungsi; adanya alat kelamin luar, tetapi belum dapat dibedakan jenis kelaminnya.

3 Bulan (12 Minggu)

Ginjal, hati, tangan lengan, tungkai, kaki, dan system pencernaan telah berkembang baik; alat kelamin luar antara laki-laki dan perempuan mulai dapat dibedakan; paru-paru mulai jelas; adanya gerakan-gerakan kecil dari janin.

4 Bulan (16 Minggu)

Detak jantung sudah dapat dirasakan; terbentuknya tulang-tulang di seluruh tubuh; kulit berkembang sepenuhnya; sudah dapat ditentukan jenis kelaminnya; muncul alis, bulu mata, dan rambut kepala; gerakan janin meningkat.

9,5 Bulan (38 Minggu)

Sejak minggu ke-16 sampai saat kelahiran terjadi akumulasi lemak dibawah kulit; menjelang minggu ke-22 janin mulai membuka matanya; gerakan-gerakan janin diraskan oleh ibunya, terjadi kenaikan gerak badan yang sangat cepat; pada bulan ke-7 posisi kepala ke bawah sebagai persiapan untuk kelahiran.

Sumber:
Sukis Wariyo dan Yani Muharomah, Mari belajar ilmu alam sekitar, Pusat Perbukuan DEPDIKNAS 2008, hal.21

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers